13 03 2009

dscf0008

Memiliki bunga yang indah, sehat dan subur adalah dambaan setiap orang, terutama untuk mereka  yang memiliki hobi mengoleksi dan merawat bunga-bunga. Bunga di sini bukan berarti hanya tanaman yang menghasilkan bunga saja, tapi dapat juga berupa tanaman yang sama sekali tidak menghasilkan bunga. Contohnya tanaman sejenis Aglounema dan Anthurium, tanaman sejenis daun-daun yang keindahannya karena memiliki keunikan tersendiri.Unik lewat daunnya yang indah.

Mungkin saat ini demam bunga agak sedikit berkurang bahkan boleh dikatakan menurun drastis dibanding tahun lalu, kita bisa lihat dari harga bunga-bunga yang cenderung menurun, begitu pun demam pameran bunga pun sudah berkurang. Entahlah … mungkin orang-orang sudah mulai berpikir realistis atau ekonomi kita yang tidak stabil dan seringkali terpuruk, membuat orang berpikir dua kali untuk membeli hal-hal yang bersifat hanya kesenangan sesaat.  Jadi skala Prioritas lebih diutamakan. Yang primer-primer dululah yang diutamakan.

Tapi tidak sedikit orang yang menyukai bunga, betul-betul menyukai bukan terbawa arus trend…sesaat. Dulu ketika trends bunga sedang …ramainya,  seringkali orang bertingkah macam-macam dan sedikit aneh. Ketika pameran bunga… semua orang ingin menunjukkan bunganyalah yang terhebat. Berbagai cara mereka lakukan, contohnya untuk menghasilkan daun yang mengkilap ( ini untuk tanaman sejenis aglounema dan Anthurium), mereka gunakan susu murni…  dengan cara di lap tisue atau lap yang lembut  dengan memakai susu murni, padahal setelah aku coba malah mengundang lalat yang hinggap di daun dan aroma amis yang tidak sedap, muncul lagi di lap dengan  obat khusus yang dapat dibeli di toko tanaman,kemudian dengan santan kelapa hasilnya tetap saja. Ada lagi di suatu pameran ada yangmenggunakan Wine, agar daunnya mengkilap. Yang satu ini belum aku coba, abisnya winenya mahal. Lagian menurut kabar hasilnya sama saja.

Ternyata…. setelah aku baca di buku bagaimana merawat tanaman sejenis aglounema dan telah aku praktekan sendiri, yang paling mudah dan efektifa dalah dengan menyiramnya dengan air dengan menggunakan spryer merata ke seluruh daun, biarkan airnya mengalir ke bawah lewat daun dan batang mengalir sampai ke akarnya. Hasilnya daunnya bersih mengkilap seperti di lap tiap hari dan tanamannya pun subur, sehat dan Indah dipandang.


Actions

Information

One response

13 05 2009
abahnono

Ku teringat akan kebunku..
Yang hanya kuberi sentuhan tiga hari dlm seminggu..
Tapi mereka sangat bahagia..
Dengan menampakkan tunas-tunas baru..
Dan kesegarannya yang memberikan kesejukan..
Daun-daun hijau yang tampak berderet manis..
Seolah-olah mengucapkan terima kasih oleh perhatianku..
Tapi….bunga-bunga enggan untuk menemani kebunku..
Sinar mentari jarang singgah untuk menghangatkan..
ya…kebunku memang tidak penuh dengan bunga..
Tapi…
Mereka membuatku lebih sayang dengan mahluk ciptaan-Nya..
Mereka membuatku lebih betah untuk tinggal dirumah..
Mereka memberiku ketenangan lahir batin..
Mereka memberiku oksigen untuk keluargaku..
Mereka memberiku kesejukan mata dan hati..
Terima kasih kebunku..meski engkau tidak berbunga..
Tapi kami bahagia..
Semoga akan selamanya..
[ Kita saling berterimakasih atas nama mahluk ciptaan-Nya ]

Leave a comment